Tugas danFungsi


Lembaga Masyarakat Desa Sumberdalem

1. Karang Taruna
Karang Taruna merupakan wadah bagi generasi muda untuk mengekspresikan jiwa mudanya. Karang Taruna tingkat Desa Sidoharjo bernama Wira Bakti. Disamping di tingkat desa di masing-masing pedukuhan juga terdapat karang taruna tingkat dusun dengan kegiatan tergantung dari program kerja karang taruna tingkat dusun.

2. LPMD ( Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa )
Lembaga ini berkedudukan ditingkat desa yang berperan dalam rangka ikut memperlancar program-program pembangunan ditingkat desa.
Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD/LPMK) lembaga ketahanan masyarakat desa mempunyai tugas menyusun rencana pembangunan secara partisipatif, menggerakkan swadaya gotong royong masyarakat, melaksanakan dan mengendalikan pembangunan. Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) lembaga ketahanan masyarakat desa atau kelurahan (LKMD)  dalam melaksanakan tugasnya mempunyai fungsi :
1. penampungan dan penyaluran aspirasi masyarakat dalam pembangunan;
2. penanaman dan pemupukan rasa persatuan dan kesatuan masyarakat dalam kerangka memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia;
3. peningkatan kualitas dan percepatan pelayanan pemerintah kepada masyarakat;
4. penyusunan rencana, pelaksanaan, pelestarian dan pengembangan hasil-hasil pembangunan secara partisipatif;
5. penumbuhkembangan dan penggerak prakarsa, partisipasi, serta swadaya gotong royong masyarakat; dan
6. penggali, pendayagunaan dan pengembangan potensi sumber daya alam serta keserasian lingkungan hidup.

3. GaPokTan ( Gabungan Kelompok Tani )
Merupakan wadah bagi kelompok tani ditingkat desa, kegiatan yang menjadi rutinitas adalah pertemuan kelompok tani tingkat desa yang dilaksanakan secara bergilir setiap bulan di masing-masing kelompok tani. Kegiatan yang dilakukan :
– Pendampingan Program aksi mandiri pangan
– Pengelolaan PUAP ( Program Usaha Agribisnis Perdesaan )

4. FPP ( Forum Peduli Pendidikan)
FPP merupakan sarana untuk ikut membahas kemajuan pendidikan di Desa Candimulyo. Forum ini memiliki kegiatan antara lain santunan bagi siswa kurang mampu, pemberian piagam penghargaan bagi siswa berprestasi, bantuan bagi pengajar PAUD dan TK, bantuan keuangan bagi lembaga pendidikan PAUD dan TK. Bantuan transport bagi siswa yang akan mengikuti perlombaan, dan pemberian sticker bagi warga mengenai jam belajar masyarakat.

5. POSYANDU ( Pos Pelayanan Terpadu )
Posyandu terdiri dari dua Posyandu yaitu Posyandu Balita dan Posyandu Lansia. Kegiatannya meliputi penimbangan rutin bagi balita dan lansia, pemberian makanan tambahan bagi balita dan lansia, penyuluhan kesehatan bagi balita dan lansia.

6. FORKESDES ( Forum Kesehatan Desa ) DESA SIAGA
Forum ini berkedudukan di tingkat desa, yang merupakan sarana untuk membahas masalah-masalah kesehatan ditingkat desa. Kesehatan yang dimaksud disini termasuk kesehatan lingkungan. Forum ini terbentuk pada tahun 2007 hal tersebut didasari pada banyaknya masalah-masalah kesehatan ditingkat pedukuhan yang tidak dapat Secara maksimal. Sehingga dengan adanya forum ini akan lebih mendorong terwujudnya Desa yang sehat salah satunya adalah penanganan masalah gizi buruk.

7. Tim Penggerak PKK
Tim Penggerak PKK Desa/Kelurahan mempunyai tugas membantu Pemerintah Desa/Lurah dan merupakan mitra dalam pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan keluarga. Tugas Tim Penggerak PKK Desa atau Kelurahan meliputi :
1. menyusun rencana kerja PKK Desa/Kelurahan, sesuai dengan basil Rakerda Kabupaten
2. melaksanakan kegiatan sesuai jadwal yang disepakati
3. menyuluh dan menggerakkan kelompok-kelompok PK dusun atau Lingkungan, Rw, Rt dan dasa wisma agar dapat mewujudkan kegiatan-kegiatan yang telah disusun dan disepakati
4. menggali, menggerakan dan mengembangkan potensi masyarakat, khususnya keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga sesuai dengan kebijaksanaan yang telah ditetapkan
5. melaksanakan kegiatan penyuluhan kepada keluarga-keluarga yang mencakup kegiatan bimbingan dan motivasi dalam upaya mencapai keluarga sejahtera
6. mengadakan pembinaan dan bimbingan mengenai pelaksanaan program kerja
7. berpartisipasi dalam pelaksanaan program instansi yang berkaitan dengan kesejahteraan keluarga di desa/kelurahan
8. membuat laporan basil kegiatan kepada Tim Penggerak PKK Kecamatan dengan tembusan kepada Ketua Dewan Penyantun Tim Penggerak PKK setempat
9. melaksanakan tertib administrasi
10. mengadakan konsultasi dengan Ketua Dewan Penyantun Tim Penggerak PKK setempat.
Tim Penggerak PKK Desa/Kelurahan dalam melaksanakan tugasnya mempunyai fungsi:
1. penyuluh, motivator dan penggerak masyarakat agar mau dan mampu melaksanakan program PKK
2. fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali, pembina dan pembimbing gerakan pkk

8. Basis Komunitas

Basis Komunitas Nur Jannah merupakan sebuah wadah layanan dengan tujuan sebagai tindakan preventif dan persuasif dalam Korban kekerasan terhadap istri, kekerasan terhadap suami, kekerasan terhadap anak, kekerasan dalam pacaran, Korban kekerasan dalam keluarga, Korban pelecehan seksual, Korban pencabulan, Korban perkosaan, Korban Trefiking dengan tujuan akhir untuk mencapai kehidupan Desa Candimulyo yang Sejahtera dan Berkeadilan Tanpa Ada Kekerasan 

9. RT dan RW
Rt dan Rw mempunyai tugas membantu Pemerintah Desa dan Lurah dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan. Rt dan Rw dalam melaksanakan tugasnya mempunyai fungsi :
1. pendataan kependudukan dan pelayanan administrasi pemerintahan lainnya;
2. pemeliharaan keamanan, ketertiban dan kerukunan hidup antar warga;
3. pembuatan gagasan dalam pelaksanaan pembangunan dengan mengembangkan aspirasi dan swadaya murni masyarakat; dan
4. penggerak swadaya gotong royong dan partisipasi masyarakat di wilayahnya.

ditingkat lokal dalam mengelola pembangunan perdesaan sesuai dengan poinssif-poinsuf pemerintah yang baik.

6. Meningkatkan partisifasi masyarakat pedaesaan dalam perencanaan pelaksanaan,pemantauan dan evaluasi pembangunan pedesaan.
7. Meningkatkan pengembangan usah ekonomoi desa dan penerapan teknologi tepat guna yang ramah lingkungan diperdesaan.
8. Peningkatan kualitas partisifasi masyarakat dalam pembangunan desa/kelurahan.

 


Total Dibaca

Desa Kami mengatakan tidak untuk

Contact Details

Telephone: 081227138701
Email:  desasumberdalem@gmail.com
Website: https://sumberdalem-kertek.wonosobokab.go.id

Mlandi RT 11 RW 03 Sumberdalem Kertek